Tips Hitch Hiking Sebelum dan Saat Melakukannya

Bagi Anda yang belum mengetahui, hitchhiking merupakan salah satu hal yang sedang populer saat ini di kalangan travelers. Hitchhiking ini merupakan cara dalam menggunakan transportasi ke sebuah tempat tujuan dengan menumpang.  Keuntungan dari melakukan kegiatan ini adalah mampu menghemat biaya transportasi ke tempat yang diinginkan secara gratis. Namun untuk melakukan Hitchhiking ini tidak bisa sembarangan dilakukan karena ada banyak resiko yang mampu menghadang para travelers. Maka dari itulah terdapat beberapa tips hitch hiking yang perlu diketahui dan dilakukan pada sebelum dan saat melakukan kegiatan tersebut. Jangan sampai penyesalan menghinggapi Anda karena tidak melakukan berbagai tips penting ini.

Tips Hitch Hiking Sebelum Melakukannya

Sebelum melakukan kegiatan hichhiking, ada beberapa  tips yang perlu diketahui dan dilakukan dengan baik oleh Anda demi menunjang kelancaran kegiatan ini. Berikut adalah beberapa tips hich hiking penting tersebut:

  1. Bergabung Pada Komunitas Hitchhiking

Tips pertama dalam melakukan hichhiking ini adalah perlu untuk bergabung terlebih dahulu pada komunitas hichhiking. Hal ini dikarenakan mampu memperluas jaringan dan koneksi ketika hendak melakukan kegiatan tersebut.  Ada banyak sekali manfaat yang mampu didapatkan dengan bergabung pada komunitas hichhiking ini. Diantaranya adalah  terpantaunya posisi Anda ketika melakukan hichhiking oleh anggota komunitas. Sehingga nantinya Anda dapat meminta bantuan ketika ada kejadiaan yang tidak mengenakan saat hichhiking dilakukan. Untuk dari itulah pertama-tama ketika hendak melakukan hichhiking ini haruslah bergabung pada komunitas tersebut.

Pexels.com
  1. Menyiapkan Mental

Mempersiapkan mental yang baik merupakan tips hich hiking yang berikutnya. Hal ini harus dilakukan karena hichhiking ini adalah bentuk dari kepedulian terhadap sesama manusia antara orang lain sebagai pemberi tumpangan gratis dengan Anda yang menumpang. Maka dari itulah mental yang ditutut ketika melakukan hichhiking ini adalah mental yang siap dan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain yang memberian tumpangan nantinya. Tujuannya agar tidak terjadi masalah ataupun pertikaian nantinya.

  1. Mempersiapkan Fisik

Selain harus mempersiapkan mental dengan baik, ketika hendak melakukan hichhiking ini juga harus mempersiapkan fisik dengan baik pula. Pasalnya dalam hichhiking ini Anda bisa saja berdiri lama untuk menunggu orang yang mau memberikan tumpangan. Kesabaran dan ketahanan fisik yang dipunyai akan teruji ketika melakukan hichhiking ini maka harus dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan kegiatan tersebut.

  1. Mengenali Destinasi yang Hendak Dituju dengan Baik

Mengenali destinasi yang hendak dituju dengan baik adalah hal yang sangat penting, tidak cukup mengetahui letaknya saja tetapi juga rute yang ditempuh. Hal ini dikarenakan untuk mencegah tersesat ketika menuju lokasi destinasi yang dituju. Selain itu, mencegah pula Anda disesatkan bahkan diculik oleh si pemberi tumpangan. Silahkan sebelum melakukan hichhiking ini segera carilah berbagai data mengenai destinasi yang hendak dituju dengan baik mencakup rute-rute yang dapat dipilih.

  1. Menyiapkan Peralatan Hitchhiking

Dalam melakukan hichhiking, diperlukan beberapa peralatan yang memang dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan tersebut. Peralatan ini diperlukan karena tidak cukup hanya memanfaatkan jempol saja yang mana hal tersebut juga tidak efektif. Nah, beberapa peralatan yang dibutuhkan ini adalah benner ataupun tulisan yang berisi tempat tujuan Anda. Dengan begitu, akan sangatlah mudah untuk mobil atau kendaraan lain yang ingin memberikan tumpangan kepada Anda berhenti tanpa perlu bertanya kemanakah tujuan yang hendak dituju.

Pexels.com

Tips Hich Hiking Saat Melakukannya

Setelah tadi informasi mengenai tips yang harus dilakukan sebelum melakukan hichhiking, selanjutnya adalah tips ketika melakukannya. Jangan salah, ketika melakukan hichhiking ini ada beberapa tips ampuh yang harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan ketika sedang berada dalam tumpangan orang lain karena melakukan hichhiking. Berikut adalah beberapa tips hich hiking ketika tengah melakukannya:

  1. Berhanti Dibawah Lampu Saat Malam Hari

Saat malam hari telah datang dan Anda ingin melakukan hichhiking, silahkan lakukan tepat dibawah sinar lampu jalan ataupun lampu lainnya. Pasalnya hal ini akan membuat Anda terlihat oleh pengendara kendaraan lain yang ingin memberikan tumpangan  ketika malam hari. Selain itu, Anda juga tidak akan  dicurigai oleh pengendara kendaraan yang melintas sebagai kriminal yang hendak melakukan kejatan nantinya. Perlu di catat pula bahwa dalam menyetop kendaraan yang melintas ini tidak boleh dilakukan di tengah jalan walaupun terkena sinar lampu yang sangatlah terang sebab hal ini mampu membunuh Anda.

  1. Tidak Boleh Tidur Selama Diberi Tumpangan

Salah satu hal yang harus dlakukan dan diperhatikan dengan baik ketika melakukan hichhiking ini adalah tidak boleh tertidur walaupun sangatlah nyaman berada dalam kendaraan. Pasalnya apabila tertidur, tidak akan bisa merasakan kejahatan yang ada disekeliling. Bisa jadi si sopir mempunyai niat jahat setelah melihat Anda tertidur. Atau bisa jadi, malah terlewat lokasi tujuan karena terlalu lelap tertidur. Untuk dapat terjaga ketika sedang berada di kendaraan yang ditumpangi, dapat dilakukan dengan mengobrol bersama sopir kendaraan tersebut.

  1. Membawa Alat Komunikasi dengan Daya Baterai Penuh dan Sinyal yang Kuat

Alat komunikasi yang mempunyai daya penuh dan sinyal yang kuat adalah barang yang tidak boleh terlewatkan ketika melakukan hichhiking. Dengan alat komunikasi inilah, Anda bisa standby apabila ada hal penting yang harus dilakukan atau bahkan meminta bantuan saat terjadi hal yang tidak diinginkan dalam kendaraan yang memberikan tumpangan.  Memberikan update dimana keberadaan terkini menggunakan alat komunikasi tersebut  juga merupakan keharusan agar orang terdekat dan orang lain mengetahui dimana posisi keberadaan Anda dan dapat terus memantau.

  1. Jangan Menerima Makanan dari Orang Lain Termasuk Si Pemberi Tumpangan

Silahkan bawa bekal makanan sendiri ketika sedang melakukan hichhiking. Jangan terima makanan dari orang lain yang belum dikenal termasuk dari pemberi tumpangan. Pasalnya Anda tidak mengetahui apakah dalam makanan yang diberikan ini aman atau tidak. Bisa jadi, makanan yang diberikan ini adalah trik untuk menjebak dan berbuat kejahatan. Untuk itulah jangan menerima makanan dari orang lain dan bawalah makanan sendiri.

  1. Jangan Lupa untuk Berdoa

Berdoa adalah tips saat melakukan hichhiking yang harus diketahui dan dilakukan. Pasalnya hanya Tuhan yang mampu memberikan keselamatan ketika sedang melakukan hichhiking ini. Hal inilah yang menjadi paling penting yang tidak boleh terlupakan sama sekali. Maka dari itulah silahkan berdoa saat sedang melakukan hichhiking maupun sesudahnya untuk mengucapkan syukur serta trimakasih kepada Tuhan.

Pexels.com

Silahkan cermati dan tindakan semua tips hich hiking di atas ini dengan baik ya mulai dari sebelum dan sedang melakukannya. Walaupun memang dengan semua tips di atas ini mampu mengurangi resiko kejahatan ketika melakukan hichhiking, tetapi tidak bisa menghilangkan sisanya. Maka dari itulah apabila ingin jelas-jelas aman, Anda bisa menggunakan jasa penyedia paket wisata. Misalkan hendak pergi ke Jogja, silahkah pilih penyedia paket wisata Jogja terbaik yang akan menghantarkan ke tempat tujuan secara aman dan nyaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *