Berbagai Olahan Berbahan Durian

Siapa yang tak mengenal durian? Buah dengan kulit berduri dan mengeluarkan aroma harum ini merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini banyak digemari karena rasanya yang manis legit dan aromanya yang begitu memikat hidung. Tak heran setiap musim durian tiba, orang-orang akan berbondong-bondong membeli durian dalam jumlah banyak untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Musim panen durian bisa terjadi hingga 3 kali dalam setahun. Ketika musim itu tiba, harga durian bisa menjadi sangat murah. Beberapa durian lokal biasanya menjadi favorit dan paling banyak dicari. Durian bawor salah satunya, durian yang berasal dari Banyumas Jawa Tengah ini menjadi salah satu yang paling banyak diburu.

Durian bawor banyak dicari karena rasa dan aromanya yang sangat mirip dengan durian montong tetapi harganya lebih murah. Ciri khas durian bawor adalah warna daging buahnya yang agak oranye. Daging buahnya juga tebal dengan biji yang berukuran relatif kecil. Sangat mudah mengenali durian jenis bawor karena aromanya yang tajam dan khas.

www.pexels.com

Berbagai Olahan Berbahan Durian

Jumlah durian yang melimpah setiap musim panen tak mungkin tak mendatangkan ide untuk mengolah buah ini menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Kopi durian adalah salah satunya. Cita rasa pahit kopi berpadu dengan legit dan harum durian membuat minuman itu banyak diburu. Selain kopi durian, masih banyak olahan lain yang menggunakan durian bawor atau berbagai jenis durian lain sebagai bahan utamanya. Olahan-olahan tersebut antara lain:

  1. Sop Durian

Ketika diserang cuaca panas, banyak orang menjadikan sop durian sebagai piliha untuk menyegarkan tenggorokan. Kini, kios-kios penjual sop durian memang bertebaran di mana-mana. Sop durian adalah olahan daging buah durian segar yang dipadukan dengan es dan kuah susu.

Daging buah durian yang disajikan sudah terlebih dahulu dipisahkan dari bijinya. Es yang digunakan biasanya adalah es serut, sehingga lebih segar ketika disantap. Beberapa penjual juga biasanya menambahkan sirup dan ketan hitam untuk menambah cita rasa pada sop durian jualannya.

  1. Eskrim durian

Eskrim adalah makanan yang sepertinya digemari oleh semua orang. bayangkan dingin manisnya eskrim yang berpadu dengan rasa khas dari buah durian. Apalagi aroma durian yang menggoda itu juga akan ikut tercium bersama sensasi dingin yang dikeluarkan eskrim.

Demi menghasilkan eskrim durian yang lezat, para pembuatnya harus memilih durian dengan cita rasa manis yang paling sesuai, misalnya durian bawor. Nantinya daging durian akan dipisahkan dari bijinya untuk kemudian dihaluskan menggunakan blender. Daging durian yang sudah diblender itu kemudian dicampurkan dengan susu yang menjadi bahan utama pembuatan eskrim. Eskrim durian bisa dengan mudah ditemukan di penjaja eskrim keliling hingga di cafe-cafe khusus eskrim.

www.pexels.com
  1. Pancake Durian

Pancake durian adalah salah satu olahan durian yang menjadi oleh-oleh khas Medan. Medan memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang paling banyak menghasilkan durian. Pancake durian khas Medan ini kemudian menjadi makanan populer di banyak kota medan lainnya.

Pancake durian adalah daging durian yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk mirip fla. Fla durian tersebut kemudian dibungkus menggnakan sejenis kulit lumpia dengan tekstur yang lebih empuk dan tebal. Pancake durian paling pas jika disajikan dalam keadaan dingin. Rasa manis dari fla durian berpadu dengan lembutnya kulit pembungkus menjadi paduan yang sempurna ketika disajikan dalam kondisi dingin.

  1. Puding Durian

Puding adala salah satu olahan yang banyak disukai sebagai kudapan. Teksturnya yang kenyal dengan cita rasa yang manis membuat siapa saja ketagihan. Apalagi kudapan yang satu ini juga kaya serat dan terasa dingin di perut.

Ternyata durian juga bisa diolah menjadi campuran puding. Sebelum dibuat puding, daging buah durian perlu dipisahkan dari biji dan dihaluskan, namun sebaiknya tidak sampai hancur sepenuhnya. Adanya sensasi buah durian utuh saat menggigit puding tentu akan sangat terasa nikmat di mulut. Rasa manis yang dihasilkan durian juga bisa membuat jumlah gula yang digunakan dalam proses pembuatan puding dikurangi. Puding durian ini akan sangat pas dinikmati bersama keluarga tercinta.

  1. Pie Durian

Pie mini yang banyak ditemukan di berbagai acara biasanya diisi dengan menggunakan fla susu dan irisan buah. Sebagai pengganti, Anda juga mengisinya dengan daging buah durian yang sudah dihaluskan. Agar lebih creamy, daging buah durian tersebut juga bisa dicampurkan dengan susu terlebih dahulu.

Pie durian akan menjadi camilan yang sangat enak. Kelezatannya bersumber dari perpaduan garingnya kulit pinggiran yang gurih dan manis lembutnya durian di bagian tengah. Pie durian ini memang belum banyak ditemukan. Ada baiknya jika Anda coba membuatnya sendiri di rumah, dan pastikan Anda memilih buah durian terbaik.

www.pexels.com
  1. Kolak Durian

Kolak adalah makanan yang paling banyak diburu ketika Bulan Ramadhan tiba. Rasa manis dan porsinya yang ringan tapi mengenyangkan memang membuatnya cocok dijadikan takjil. Tak hanya pisang, ubi, atau singkon, ternyata durian juga bisa dijadikan isian kolak.

Durian yang dijadikan isian kolak adalah daging buah durian yang sudah dipisahkan dari bijinya. Akan sangat baik jika durian yang digunakan adalah durian yang teksturnya lembut dan tebal dan rasanya manis, misalnya durian bawor. Semua kenikmatan dari durian akan berpadu dengan sangat pas bersama kuah santan dan gula merah, apalagi jika ditambahkan es batu sebagai penyegar.

  1. Bolu Durian

Kue bolu adalah salah satu kue yang sudah sangat familiar. Kue yang satu ini hampir selalu ditemukan menjadi suguhan di banyak acara. Saking familiarnya, kue bolu juga sudah mengalami berbagai modifikasi. Saat ini ada banyak sekali jenis kue bolu yang bisa ditemukan.

Mencampur kue bolu dengan buah memang bukan hal yang baru. Anda mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan mencoba kue bolu pisang atau bolu jeruk. Tapi pernahkan Anda mencoba bolu durian? Bolu durian adalah salah satu kue berbaha durian yang mash jarang ditemui.

Bolu durian akan mengeluarkan aroma khas dari durian. Sementara ketika dimakan, rasa duriannya tidak serta merta mengalahkan perpaduan rasa dari berbagai bahan yang ada. Bolu durian juga biasanya terasa lebih padat dibandingkan bolu lainnya.

www.pexels.com

Rasa durian yang lezat memang membuatnya cocok diolah menjadi beragam makanan. Namun ingatlah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi durian berlebihan bisa memicu penyakit kolesterol dan juga obesitas. Sebaiknya konsumsi durian dalam jumlah yang wajar saja.

Mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak juga sangat tak dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit mag. Konsumsi durian berlebih dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga penyakit mag rawan kambuh. Setelah mengkonsumsi durian jangan lupa untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih sebagai upaya menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *